Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

Seperti kita ketahui perlengkapan/aksesoris kamera banyak sekali macamnya dan tiap jenis mempunyai fungsi  yang berbeda serta harga yang tentunya bervariasi pula. Nah, karena fungsinya yang berbeda itulah tidak semua aksesoris harus dimiliki, namun disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

Berikut ini info tentang beberapa alat dan aksesoris yang memang wajib dimiliki dan dibawa oleh pengguna kamera DSLR.
1. Tas Kamera
Tersedia beragam jenis tas kamera di pasaran, tinggal pilih yang sesuai selera: dari backpack, ikat pinggang, sling-slide (menyamping) sampai yang mirip koper. Yang jelas tas kamera disini berfungsi agar kita bisa menyimpan kamera dan lensa yang kita miliki selama bepergian secara aman. Tidak jatuh, aman dari benturan dan aman dari air.
http://www.geek.com/gearlog/IMG_2733_LowePro-AW100.jpg
2. Cleaning Kit
Agar fungsi mekanis kamera tetap berjalan dengan baik, maka perlu perawatan yang baik. Salah satunya adalah membersihkan kamera dari debu, terutama bagi anda yang suka memotret outdoor. Jangan membersihkan kamera dengan sembarang chemical atau kain yang kasar karena justru hal ini dapat merusak bagian-bagian kamera anda, misalnya saat mengelap lensa dengan kain kasar justru dapat menimbulkan goresan pada lensa, gunakanlah chemical atau alat pembersih yang sudah dibuat khusus untuk kamera.

3. Filter UV
Ada banyak jenis filter kamera, namun untuk awal anda cukup membeli filter biasa atau filter UV. Filter kamera berfungsi untuk melindungi lensa dari debu dan benturan, namun saat ini filter mempunyai fungsi tambahan yang beragam, misalnya filter UV, filter ini mempunyai kemampuan menyaring sinar ultrafiolet agar tidak masuk ke sensor kamera yang dalam jangka panjang dapat merusak sensitifitas sensor tersebut.
https://www.fotosense.co.uk/media/catalog/product/cache/1/image/9df78eab33525d08d6e5fb8d27136e95/h/o/hoya-uv_9.gif
4. Tripod
Tripod merupakan kunci utama menghasilkan jepretan yang tajam, potret diri sendiri, foto dengan eksposur yang lama, dan sangat membantu ketika sedang pemotretan dengan cahaya rendah.
Namun demikian, begitu banyak jenis tripod yang dapat kita pilih. Sebagai permulaan, mencari tripod, cari dan belilah tripod berbahan serat karbon yang ringan dengan ketinggian standar dengan kemampuan memutar secara vertikal untuk gambar potret.

5. Lens Pen
Alat ini merupakan salah satu dari beberapa peralatan pembersih lensa. Bentuknya seperti pena, dengan 2 ujung berbeda isi, yang satu kuas lembut dengan sisi satunya lagi merupakan penampang bundar berdiameter tidak lebih dari 1 cm. Bagian kuas digunakan untuk membersihkan debu dan ujung lainnya digunakan untuk menghilangkan bercak noda jari di permukaan lensa.
http://daldigital.net/news/18/Aksesoris-Wajib-untuk-Pengguna-Kamera-DSLR

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]